Perhatikan Kebersihan Jenggot JIka Ingin Serius Merawatnya

Perhatikan Kebersihan Jenggot JIka Ingin Serius Merawatnya

Jika ingin tetap memelihara jenggot di wajah, jangan sepelekan kebersihannya. Apalagi menurut penelitian jenggot di wajah bisa memiliki lebih banyak kuman dibanding bulu anjing rumahan.

Walau tidak semua kuman itu berbahaya dan merupakan bakteri yang secara alami hidup di kulit manusia, namun tetap saja menjaga kebersihan jenggot adalah hal yang mutlak. 

Ketahui apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat rambut di bagian wajah ini tetap bersih:

- Mencucinya

Seperti halnya rambut di kepala, rambut-rambut di bagian janggut dan kumis juga perlu dicuci. Jadi, ketika kita sedang keramas, jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sampo atau sabun di bagian brewok.

Idealnya, gunakan sampo khusus untuk jenggot yang diklaim lebih ringan dibanding sampo biasa. Terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

- Oleskan minyak

Setelah mencucinya, oleskan minyak khusus untuk menjaga kelembaban dan membuatnya tetap berkilau.

Gunakan sedikit saja karena jika terlalu banyak justru membuat minyak menumpuk di rambut dan kulit sehingga kulit terasa lengket.

- Keringkan

Jangan biarkan rambut pada jenggot tidak dikeringkan setelah dibasahi. Apalagi jika jenggot kamu tergolong lebat. Lingkungan yang lembab dapat menjadi tempat perkembangbiakan kuman.

Keringkan dengan handuk atau pun pengering rambut atau menggunakan handuk sampai benar-benar kering.

- Hati-hati mencukur

Meski kuman di janggut sebenarnya tidak berbahaya, namun kondisi bisa berubah sebaliknya jika kita melakukan teknik cukuran yang tidak tepat.

Pisau cukur yang menggores kulit bisa menjadi jalan masuk kuman sehingga memicu infeksi. Jika belum menguasai teknik mencukur, serahkan pada ahlinya di barbershop.

- Gunting berkala

Sangat penting untuk menggunting rambut sedikit (trim) di bagian brewok  secara berkala agar kebersihannya tetap terjaga.

- Waspadai ketombe

Selain bakteri yang hidup alami di kulit kita, hal lain yang perlu diwaspadai adalah jamur. Walau pun normal, tapi jika berlebihan bisa menyebabkan ketombe, termasuk di area jenggot.

Untuk mengatasinya, gunakan sampo anti-ketombe untuk mencuci rambut-rambut jenggot.  Jika belum berhasil juga, konsultasikan ke dokter karena ketombe yang sulit sembuh bisa menjadi tanda penyakit kulit lebih serius.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar