Ragam Nama Bayi Laki-Laki Jawa Ini Sarat Akan Makna


Ragam Nama Bayi Laki-Laki Jawa Ini Sarat Akan Makna
Siapa bilang nama yang tradisional itu ketinggalan zaman? Nama yang diambil dari kata-kata dalam bahasa lokal malah lebih terdengar bermakna, khususnya kata-kata dalam bahasa Jawa. Khusus untuk bayi laki-laki, terdapat begitu banyak nama bayi laki laki Jawa yang sarat akan makna.  Berikut beberapa rangkaian nama, yang bisa Anda jadikan referensi bagi nama putra Anda.

1.   Adipramana

Adipramana dalam Bahasa Jawa berarti penguasa pertama. Nama ini cocok untuk dijadikan sebagai nama anak laki-laki pertama Anda. Salah satu contoh rangkaian nama dengan menggunakan kata ini adalah Adipramana Cakra Dwija. Rangkaian nama tersebut berarti anak pertama yang akan menjadi pemimpin untuk melindungi keluarganya secara bijaksana.  

2.   Pradana

Ingin anak Anda kelak menjadi orang yang diberi harta berlimpah dan dermawan? Nama Pradana bisa Anda pilihkan untuknya. Rangkaian nama yang bisa Anda gunakan dengan kata ini seperti Banyu Pradana Gandhi. Banyu berarti air, hal yang selalu dibutuhkan dan bermanfaat bagi setiap orang. Sedangkan Gandhi berarti anak laki-laki yang memiliki ilmu . 

3.    Sambara

Pengharapan agar anak Anda menjadi anak yang membela orang yang kesusahan bisa diwujudkan dengan nama Sambara. Sambara dalam Bahasa Jawa berarti siap membela kebenaran. Untuk nama lengkapnya, Anda bisa menggunakan nama seperti Gading Sambara Bramantya, yang berarti anak laki-laki yang kuat dan siap membela kebenaran dengan penuh semangat.

4.   Daniswara

Jika Anda ingin anak bisa hidup berkecukupan di masa datang, Daniswara merupakan pilihan nama yang bisa Anda pakai. Nama bayi laki-laki Jawa yang satu ini termasuk nama yang sangat sering digunakan. Contoh rangkaian nama dengan kata ini adalah Arga Daniswara. Kata Arga berarti gunung, sesuatu yang menyimpan keindahan di dalamnya dan berguna bagi orang lain.

5.   Danurdara

Danurdara dalam Bahasa Jawa bermakna orang yang kaya ilmu. Nama ini cocok Anda beri pada anak dengan harapan dia akan disegani karena ilmu yang dimilikinya. Rangkaian nama yang memuat kata ini seperti Aji Danurdara. Nama Aji sendiri bermakna berharga. Anak Anda di masa depan diharapkan menjadi orang yang berharga karena ilmu pengetahuannya.

6.   Bhanu

Bhanu dalam Bahasa Jawa berarti sinar atau cahaya yang terang. Kelak, dia akan menjadi orang yang bisa menerangi dan memberi manfaat bagi setiap orang. Bhanu Lesmana merupakan salah satu rangkaian nama yang bisa diberikan untuk anak Anda. Lesmana sendiri bermakna selamanya. Jadi, anak Anda diharapkan untuk bisa menyinari setiap orang dengan kebaikan selama hidupnya.



Selain sarat akan makna, nama bayi laki-laki Jawa akan menunjukkan identitas anak Anda sebagai seorang keturunan Jawa. Perbanyak referensi Anda terkait nama dalam Bahasa Jawa yang cocok diberikan untuk bayi laki-laki lewat laman orami.co.id. Jangan merasa malu menggunakan bahasa lokal, karena itu malah akan menunjukkan apresiasi Anda pada adat dan budaya leluhur.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar