4 Jenis Bahan yang Sering digunakan dalam pembuatan Grosir Kaos Polos, Sudah Tahu?


4 Jenis Bahan yang Sering digunakan dalam pembuatan Grosir Kaos Polos, Sudah Tahu?

Memilih membuka usaha kaos merupakan salah satu peluang usaha yang sangat cocok untuk kalangan muda. Karena dalam pembuatan kaos sangat dibutuhkan kreatifitas yang lebih baik dari segi desain, promosi produk, dan pemilihan jenis kain. Dengan banyaknya jenis kain pada grosir kaos polos mulai dari bahan import sampai lokal, mengharuskan para produsen kaos memilih kualitas kain yang baik. Penasaran dengan jenis bahan apa saja yang digunakan?

Beberapa Jenis Kain yang Sering di gunakan

1. Jenis Kain Teteron Cotton
Jenis kain ini merupakan bahan dengan campuran dari 35% antara katun combed dan 65% kain polyester atau teteron. Jika dilihat dengan bahan katun, maka jenis bahan dari kain ini kurang cocok untuk bisa menyerap keringat dan menyebabkan suhu terasa panas di badan. Kelebihan dari bahan teteron yakni lebih tahan dari penyusutan kain alias longgar meskipun dicuci berkali-kali, hal ini bisa terjadi karena adanya bahan polyester  yang terkandung di dalamnya.

2. Jenis Kain Katun Combed (Cotton Combed)
Kain dengan jenis ini adalah bahan yang diperoleh dari serat kapas, yang mana serat tersebut memiliki karakteristik benang yang lebih halus, hasil rajutannya juga lebih bagus dan tidak berbulu. Karena jenis bahan kain katun kombed pada grosir kaos polos ini ditata dengan benang dari kapas dimana pada saat pemintalannya menggunakan mesin combing yang berfungsi sebagai alat untuk membuang serat-serat pendek dari kapas yang tidak optimal pada mesin carding.

3. Jenis Kain Hyget atau biasa disebut dengan Spandex
Kain hyget merupakan bahan yang bersifat elastis namun lebih berat dari spandex, yang mana lapisan luarnya terlihat mengkilap. Jenis kain hyget tidak mudah untuk menyerap keringat. Bahan dari kain hyget terbuat dari plastik, akan tetapi sifatnya lebih tipis dan termasuk dalam kategori bahan spandex. Kain hyget banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kaos kampanye partai politik dikarenakan harganya yang relatif terjangkau.

4. Jenis Kain Katun Carded
Jenis kain grosir kaos polos ini merupakan bahan yang disusun dari benang-benang berbulu dan masih banyak mengandung serat-serat kapas yang pendek serta belum melalui proses washing. Sehingga hasil rajutan dan penampilan bahannya cenderung tidak halus dan tidak rata. Jenis bahan dari kain katun carded ini kualitasnya dibawah katun combed yang juga bisa disebut semi combed. Kelebihan dari kain ini juga dapat menyerap keringat, tidak mudah kusut dan luntur.

Biasanya jenis kain kaos akan dipilih berdasarkan model, fungsi, kualitas dan harga. Seperti pada distro yang sering menggunakan kain jenis cotton combed, teksturnya yang lembut dan halus membuatnya mudah diterapkan pada sablon. Berbeda dengan jenis kain kaos yang berbahan spandek yang memiliki kualitas dan harga dibawah cotton combed, kain jenis ini akan lebih sering digunakan untuk kampanye partai politik.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar:

  1. aku biasanya memakai kain cotton combed 20s atau 30s, karena bahannya halus, lembut namun juga menyerap keringat.

    Salam,
    Clotee

    BalasHapus
  2. jenis kaos combed yang bagus itu yang combed apa ya kak

    kaos polos premium

    BalasHapus