Enam Cara Pengemasan Barang Oleh Perusahaan Logistik



Enam Cara Pengemasan Barang Oleh Perusahaan Logistik
 
Proses pengemasan barang akan sangat berpengaruh pada pengiriman barang nantinya. Bayangkan saja, setiap harinya perusahaan logistik harus mengirimkan ratusan barang. Di mana, barang – barang tersebut harus ditumpuk dan dilempar saat memindahkan agar bisa sampai tujuan dengan tepat waktu.

Perusahaan logistik sendiri memiliki enam cara pengemasan yang bisa Anda pilih agar barang yang Anda kirimkan tidak sampai rusak ke tangan konsumen. Berikut ini enam bahan dalam pengemasan barang Anda.

Kardus
Kardus menjadi bahan yang paling umum digunakan saat pengiriman barang. Kardus memiliki fungsi untuk menahan tekanan dari tumpukan barang. Selain itu, kardus mampu melindungi barang dari guncangan dan kedap air.

Triple wall cardboard
Dibandingkan kardus, bahan ini memang jarang digunakan perusahaan logistik. Namun sebenarnya masih satu tipe dengan kardus. Hanya saja, ketebalannya yang 10 mm mampu digunakan untuk mengemas barang berat, terlebih lagi pengiriman dalam jumlah banyak.

Tape
Isolatip atau solasi yang digunakan adalah isolasi tebal. Jangan remehkan keberadaannya. Walaupun, Anda menggunakan kardus atau triple wall cardboard, tanpa adanya isolasi, maka akan mudah terbuka dan tumpah saat proses pengiriman.

Styrofoam
Kebanyakan bahan yang satu ini digunakan untuk membungkus makanan. Namun tidak hanya itu saja, styrofoam juga digunakan oleh perusahaan logistik untuk mengemas barang elektronik, barang pecah belah, telur, buah – buahan hingga spare part. Biasanya styrofoam yang digunakan adalah berbahan tebal.

Bubble Wrap
Keberadaan bubble wrap memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, bahan yang satu ini biasa digunakan untuk melapisi bagian dalam kemasan barang. Kebanyakan, bubble wrap digunakan untuk melapisi barang elektronik dan barang pecah belah. Bisa dikatakan bubble wrap merupakan perlindungan ekstra untuk barang Anda.

Peti kayu
Peti kayu menjadi bahan yang digunakan oleh perusahaan logistik sebagai pelapis dan juga pelindung ekstra. Dengan begitu, barang akan lebih aman. Bawang yang sudah dimasukkan dalam kardus, lebih baik dikemas dalam peti kayu. Dengan begitu, akan mengurangi risiko barang rusak saat sampai di tangan konsumen. Biasanya peti kayu digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak.

Anda bisa percayakan urusan logistik kepada SELOG yang merupakan brand
perusahaan logistik SERA atau Serasi Autoraya yang merupakan anak perusahaan ASTRA. SELOG berkomitmen memberikan layanan logistik yang terpadu dan lengkap untuk kebutuhan Anda.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar