No Telp RS Fatmawati: Ketahui Kebiasaan-Kebiasaan Penyebab Penyakit Liver Berikut Ini!


No Telp RS Fatmawati: Ketahui Kebiasaan-Kebiasaan Penyebab Penyakit Liver Berikut Ini!

Kesehatan merupakan salah satu hal berharga yang perlu dijaga baik-baik. Tanpa kesehatan, kita akan kesulitan melakukan aktivitas dengan lancar. Namun sayangnya, tidak semua orang melakukan hal yang selaras untuk mendukung kesehatannya. Pola hidup yang kurang sehat terus saja dilakukan tanpa memperhatikan dampak yang ditimbulkan. Hati merupakan salah satu organ penting yang perlu dijaga kesehatannya. Karena jika organ yang satu ini bermasalah, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatannya. Meskipun ada banyak rumah sakit yang memiliki layanan untuk pengobatan penyakit liver (hati), seperti RS Fatmawati no telp RS Fatmawati  di (021) 7501524) maupun beberapa rumah sakit lainnya, namun sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini agar tidak menderita penyakit yang satu ini.

Hati merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting karena mendukung fungsi dan aktivitas organ tubuh lainnya. Karena hati berfungsi untuk membersihkan darah dari obat dan zat-zat berbahaya lainnya, serta mengendalikan sirkulasi hormon. Sehingga saat fungsi hati terganggu, juga akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Saat ini banyak kita temukan penderita liver yang harus berjuang untuk kesembuhan. Tentunya banyak yang bertanya-tanya kenapa seseorang bisa mengalami penyakit yang satu ini. Dan ternyata, sebagian besar penderita liver salah satunya disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

Pola hidup kurang sehat di zaman sekarang ini sangat banyak contohnya yang berpotensi menyebabkan penyakit liver. Bisa jadi Anda juga sering melakukannya, namun tidak sadar turut menyumbang buruk bagi kesehatan hati. Oleh karena itu, berikut beberapa kebiasaan yang menjadi penyakit liver dan perlu Anda ketahui:

  1. Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur.
Malam hari merupakan waktu bagi hati melakukan berbagai fungsi tubuh. Karena memang sebagian besar fungsi hati akan berjalan saat kita tidur. Ketika kita makan terlalu banyak sebelum tidur bisa menyebabkan kerja hati tidak maksimal dan memicu penyakit liver. Oleh karena itu hindari kebiasaan makan dalam jumlah besar atau yang mengandung gikemik tinggi menjelang tidur.

  1. Menerapkan seks yang tidak aman.
Melakukan hubungan seks yang tidak aman, seperti bergonta-ganti pasangan juga akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan hati, salah satunya bisa tertular hepatitis ketika berhubungan intim.

  1. Konsumsi vitamin maupun suplemen herbal.
Meskipun vitamin maupun suplemen herbal memiliki fungsi yang baik jika dikonsumsi, namun jika berlebihan juga akan mengganggu peran hati dalam menyaring racun melalui proses metabolisme dengan menghancurkan makanan minuman yang telah dikonsumsi, termasuk vitamin dan suplemen herbal. Dalam proses ini, kehadiran vitamin dan suplemen yang dikonsumsi bisa merusak hati.

  1. Kebiasaan merokok.
Bahan kimia yang terkandung dalam rokok bisa mengancam kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk organ hati. Kebiasaan ini bisa meningkatkan oksidatif pada sistem tubuh dan menyebabkan kerusakan sel hati dan juga kerusakan seluruh sistem seluler.

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan.
Kelebihan berat badan bisa menyebabkan penumpukan lemak di area sekitar hati. Hal inilah yang menyebabkan penyakit hati berlemak non alkohol atau NFALD.

  1. Mengkonsumsi alkohol.
Mengkonsumsi alkohol terlalu sering akan menyebabkan terjadinya peradangan pada hati dan kerjanya semakin berlebihan. Hal inilah yang membuat terjadinya pengembangan jaringan parut atau sirosis. Dimana jika kondisi parah harus segera di periksakan ke rumah sakit, seperti RS Fatmawati dengan no telp RS Fatmawati di (021) 7501524.

  1. Jarang minum air putih.
Efek kurang minum air putih berupa dehidrasi akan berimbas langsung pada fungsi hati dalam mendetoksifikasi tubuh dengan baik.
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar