Cara dan Harga Pasang Listrik Tenaga Surya


Cara dan Harga Pasang Listrik Tenaga Surya

Letak indonesia yang berada pada garis khatulistiwa sehingga hal ini mengakibatkan sinar matahari di indonesia menjadi melimpah. Matahari yang selalu bersinar disepanjang tahun bisa dimanfaatkan oleh oleh masyarakat sebagai pembangkit yang bertenaga surya. Listrik tenaga surya ini pemanfaatannya belum menyeluruh di indonesia bahkan masih terbilang sedikit yang memanfaatkannya.

Salah satu penyebab minimnya pemanfaatan listrik tenaga surya ini adalah kurangnya pengetahuan mengenai  pembangkit listrik yang satu ini. Penyuluhan kepada masyarakat juga bisa menjadi salah satu media untuk menyebarkan informasi tersebut. selain itu masyarakat juga diharapkan sering membaca hal-hal yang akan menambah pengetahuan mengenai pembangkit listrik ini.

Definisi dan Cara Kerja dari Panel Surya
Panel surya merupakan suatu alat yang bisa digunakan untuk mengubah energi dari cahaya matahari menjadi suatu energi listrik. Energi listrik ini biasanya akan dugunakan sebagai kebutuhan listrik sehari-hari dan ada juga sebagian yang akan disimpan terlebih dahulu dengan baterai.

Karena bantuan dari baterai tadi panel surya ini juga akan tetap berjalan walaupun keadaan hari sudah mulai sore atau malam bahkan jika keadaan hujan sekalipun. Dengan adanya kabel yang terintrogasi ke dalam listrik dirumah dan jika ada pemakaian dari barang elektronik dirumah maka akan menggunakan tenaga listrik dari panel surya dahulu dan jika habis selanjutnya akan menggunakan listrik PLN.

Adapun cara kerja dari panel surya ini bersifat paralel dari tenaga listrik PLN. Jika supplyndari tenaga listrik panel surya Anda melebihi dari konsumsi listrik maka tagihan listriknya dapat dijual kembali kepada PLN dengan cara mengganti meteran yang ekspor impor yang berfungsi untuk mencatat pemsukan dan pengeluaran listrik yang harus dibayar kan selisihnya.

Manfaat Panel Surya
Rumah yang non subsidi biasanya selalu mengalami kenaikan listrik PLN ataupun listrik konvensional lainnya. Faktor yang menyebabkan naiknya yaitu kenaikan dari bahan bakar itu sendiri. Dampak yang akan ditimbulkan dari naiknya hal ini yaitu tingkat kesejahteraan masyarakat dan tingkat perekonomian masyarakat itu sendiri. Kenaikan ini tidak setiap tahun terjadi tetapi jika naik maka bisa mencapai 30%.

Jika dipandang dari penggunaan manfaat listrik tenaga surya ini sangat menguntungkan  karena bahan yang digunakan bukan bahan bakar konvensional. Menggunakan tenaga listrik surya ini dapat membantu Anda menghemat pengeluaran tagihan listrik karena menggunakan tenaga matahari dan Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk kebutuhan lainnya.

Harga dan Proses Pemasangannya
Harga dari pemasangan panel surya ini terbilang cukup mahal dengan perkiraan dana sekitar 45-50 juta untuk listrik yang 2200 watt. Dengan harga segitu juga akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memasang listrik yang bertenaga surya ini karena bisa menghemat kebuuhan Anda sampai kedepannya.

Proses pemasangan panel surya ini akan diawali dengan mengetahui kebutuhan listrik Anda karena akan diperkirakan panel surya ini bisa mengurangi berapa banyak tagihan listrik. Setelah mengetahui hal tersebut maka akan dilakukan survei tempat hal  ini di sebabkan oleh ukuran panel listrik yang besar karena  untuk rumah dengan listrik 2200 watt maka dibutuhkan 6-8 panel yang ukurannya 1x2 meter.

Menggunakan listrik tenaga surya ini tidak hanya akan menghemat pengeluaran Anda tetapi juga bersifat ramah lingkungan. Penggunaaan tenaga listrik ini juga bisa dijadikan sebagai investasi karena penggunaan selama 8 tahun akan megenbalikan modal pemasangannya bahkan penggunaan selama belasan tahun sama saja dengan menggunakan listrik gratis.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar